Tentang ITEL

ITEL merupakan sebuah sistem kursus online gratis yang bersertifikat dengan fokus pada peningkatan dunia pariwisata. Ada beberapa fitur menarik di dalamnya, yakni Kursus Online, Ruang Kelas, Perpustakaan, Berita Pariwisata, Latihan Soal, dan Ujian. Fitur seperti “Ruang Kelas” dimana terdapat jadual yang diajar langsung oleh para mentor secara online yang dapat ditonton rekamannya pada kelas2 berikutnya , fitur lain adalah  Latihan Soal dengan sistem ‘Download and Go“, hanya digunakan oleh peserta sebagai latihan. Fitur Ujian streaming yang dipakai hanya saat ada ujian saja dengan waktu sangat flexible.

Aplikasi ITEL ini tercipta sebagai bentuk kontribusi nyata dari MASATA untuk pariwisata Indonesia. Selain menambah ilmu pariwisata, aplikasi ini diciptakan untuk mengisi waktu luang pekerja pariwisata yang terkena dampak dari COVID-19.

Target utama peserta ITEL ialah para pekerja pariwisata yang terkena PHK atau unpaid leave akibat dampak dari COVID-19, ITEL mentargetkan 10.000 peserta dalam 3 bulan kedepan tambahan kemampuan “Upskiling” berbasis kompentensi untuk karyawan yang terkena dampak dalam bidang Pariwisata dan ekonomi kreatif.

COVID-19 membuat beberapa karyawan dari Industri lain harus mencari alternatif dalam era normal baru  “Lewat aplikasi ini, kita juga memikirkan bagaimana caranya membantu orang-orang di industri lain untuk belajar pariwisata. Kesempatan mengajak mereka mau beralih ke industri ini  yang selalu digadang2 jadi penghasil devisa no 2 setelah energi,  untuk menambah jumlah SDM terlatih yang ada saat ini,”

Indonesia Tourism E-Learning (ITEL) adalah sebuah sistem kursus online berbasis native aplikasi yang berjalan di platform Android, iOS dan Windows, dengan fokus pada topik Tourism dan 7 sub topik yang tersedia yaitu: Hotel, Tour & Travel , Guiding, MICE, Marine Tourism, Ekonomi Kretif dan Program Lain-lain. Dan akan bertambah seiring dengan waktu dan tenaga pengajar yang bergabung.

Pada sistem ini akan ada penyaji yang mengisi konten untuk pelatihan, serta user yang dapat mengakses konten sebagai peserta pelatihan. Pengajar & peserta kursus bisa melakukan diskusi antar mereka secara interactive.